rumah di solo

Fakta unik tentang Gazebo

Diterbitkan tanggal 10 November 2015 dalam kategori Info Property
p9300031

Beragam hal menarik tentang gazebo seperti sejarah, fungsi, tipe-tipe gazebo, serta perkembangan model dan fungsi gazebo saat ini.

kali ini kita akan membahas salah satu elemen yang berubungan dengan taman, yakni gazebo. Gazebo merupakan area untuk bersantai sekaligus tempat berteduh dari sengatan matahari langsung ketika kita tengah berada di taman. Hanya saja, dari segi model serta fungsi, gazebo lebih unggul karena gazebo didesain untuk keperluan yang lebih fleksibel. Misalnya untuk berkumpul bersama keluarga, menerima tamu, bersantai sambil tidur-tiduran, bahkan sebagai tempat untuk menyelenggarakan pesta.

Gazebo sendiri sangat beragam dari segi model dan cenderung tak pasti. Di beberapa negara, gazebo memiliki ciri-ciri yang khas, ada yang dibuat sederhana seperti halnya gazebo yang biasa kita temui di kafe-kafe di Indonesia, sampai gazebo yang terlihat mewah dengan area sekeliling yang tertutup. Gazebo-gazebo tersebut kebanyakan didesain menyesuaikan dengan fungsinya. Contohnya di negara-negara barat seperti Amerika, orang-orang Amerika tak jarang menyelenggarakan pesta pernikahan di gazebo.

Pesta pernikahan dengan konsep garden party membuat gazebo menjadi pilihan yang tepat bagi pasangan pengantin untuk mengikrarkan sumpah pernikahan. Karena itu, mengingat banyaknya gazebo yang kerap kita temui di berbagai negara di dunia, serta dengan bentuk yang unik dan berbeda-beda, maka kali ini kita akan membahas sejarah serta fakta-fakta menarik dari gazebo ini. Dengan demikian, kita memiliki referensi tambahan yang bisa kita jadikan contoh tatkala membangun gazebo di rumah.

Sejarah Gazebo

Tak dapat dipungkiri bahwa gazebo dengan beragam model dan strukturnya telah ada di berbagai macam peradaban di dunia, hanya saja dengan sebutan yang berbeda. Negara-negara seperti China, Mesir, Roma, Persia, bahkan Indonesia memiliki sejarah arsitektur gazebo. Banyak peneliti yang memperkirakan bahwa keberadaan gazebo di sebuah peradaban tak dapat dipisahkan dengan kondisi iklim di negara tersebut. Kondisi ikilim yang hangat membuat orang-orang jaman dahulu mengingingkan tempat yang nyaman untuk duduk santai di luar ruangan sambil menikmati pemandangan sekitar, terutama di siang dan malam hari.

Dalam masa penjajahan Amerika, gazebo hanya ditemui di rumah-rumah orang kaya dan kaum bangsawan. Salah satu bentuk gazebo yang unik di Amerika yakni gazebo berbentuk segi delapan, bisa kita jumpai di Mt. Vernon yang merupakan rumah Presiden Washington.

Di masa kolonial, gazebo atau yang lebih sering disebut summer house kerap dimanfaatkan orang-orang dari negara barat untuk menikmati musim panas. Mereka tak segan menghabiskan waktu seharian penuh di gazebo. Karena, pada jaman tersebut, AC belum banyak digunakan. Sehingga tatkala musim panas datang, mereka akan merasa sangat kepanasan bila berada di dalam rumah, meskipun seluruh jendala dan pintu telah dibuka.

Untuk itu, mereka membangun gazebo atau summer house ini karena disini mereka akan merasakan hembusan angin sepoi-sepoi yang terasa sejuk. Gazebo ini juga sering dimanfaatkan pasangan muda-mudi yang ingin bercengkrama di luar namun tanpa terpapar sinar matahari.

Di beberapa gazebo dengan model tertutup, biasanya pada seluruh bagiannya terdapat lubang-lubang agar angin dari luar bisa masuk dan menyejukkan suasana dalam gazebo. Sebagai pelengkap kesejukannya, tak lupa mereka menanam bebeberapa pohon di samping gazebo.

 

Fungsi Gazebo

Ketika berbicara tentang fungsi gazebo, maka kita perlu melihat negara atau peradaban dimana gazebo ini digunakan. Istilah gazebo di masa modern ini mulai diperkenalkan oleh 2 arsitek dari Inggris Raya bernama William dan John Halfpenny. Mereka mulai menulis tentang arsitektur China seperti pagoda atau gazebo. Pagoda ini sebenarnya sama saja dengan gazebo, hanya di Asia, pagoda memiliki struktur yang sedikit berbeda, yakni dibuat bertingkat serta didekorasi dengan hal-hal yang sarat nuansa timur. Selain itu, pagoda digunakan sebagai tempat sembahyang.

Di negara-negara barat, gazebo digunakan sebagai tempat rileksasi, kegiatan-kegiatan romantis, serta diskusi. Sedangkan di jaman moden ini, gazebo telah menjadi salah satu fitur dekoratif di taman-taman di rumah dan kebanyakan digunakan sebagai ruang makan outdoor atau tempat menyelenggarakan garden party.

 

Tipe-Tipe Gazebo

Kita telah mengerti bahwa gazebo banyak ditemui di peradaban serta negara-negara di dunia dengan model dan tipe yang berbeda-beda. Di Amerika Selatan, terdapat berbagai macam gazebo yang dibuat berdasarkan fungsinya, apakah akan digunakan untuk kepentingan personal atau publik. Misalnya, untuk gazebo yang digunakan dalam pesta pernikahan, biasanya memiliki ukuran yang lebih luas, berbentuk segi enam, dengan bukaan yang lebar.

Kontras dengan gazebo untuk pernikahan, gazebo yang digunakan sebagai elemen dekoratif pada taman biasanya berukuran setengah dari gazebo pernikahan itu. Selain itu, biasanya gazebo dibuat tertutup dengan jendela yang dipasangi jaring, tujuannya untuk menghindari serangga yang masuk ke dalam gazebo.

Selain kedua tipe gazebo di atas, masih banyak lagi tipe atau jenis gazebo yang lain. Gazebo modern seperti yang sering kita jumpai saat ini bentuknya lebih sederhana, dan desainnya biasanya menyesuaikan imajinasi dan keinginan pemiliknya.

sumber : search google

Beri Komentar