rumah di solo

Rumah Tetap Adem Tanpa Pendingin Ruangan (AC), Caranya??

Diterbitkan tanggal 11 Desember 2013 dalam kategori Tips & Trik

Mungkin bagi sebagain saudara-saudara kita yang tinggal di kota yang memiliki curah hujan rendah, pendingin ruangan (AC) sering kali menjadi solusi untuk menjaga rumah tetap adem. Tapi hal itu pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi jika posisi matahari sudah mencapai puncak tepat diatas rumah anda, suhu panas didalam rumah anda pastinya juga akan menjadi panas. Ditambah dengan design ruangan yang tidak banyak jendela, itu akan mengahambat pergantian udara segar dari luar.

Lalu bagaimana menciptakan rumah anda tetap adem dan nyaman untuk dihuni pada siang hari? Kunci utamanya adalah design dari rumah anda sendiri, hal itu meliputi penataan elemen-elemen rumah yang tentunya sudah dirancang untuk suhu panas seperti di Indonesia.

Namun jika rumah anda kurang memiliki arsitektur yang baik, jangan putus asa ada beberapa tips agar rumah anda tetap adem tanpa membeli pendingin ruangan (AC).

1. Pemakaian Atap Rumah

Gunakan atap rumah atau sering kita sebut genteng berbahan tanah liat, karena genteng yang berbahan tanah liat memiliki sifat melindungi panas matahari jangan menggunakan atap seng atau asbes untuk rumah tempat tinggal anda.

2. Tanam Pepohonan Disekitar Rumah

Sebisa mungkin anda memiliki elemen tanaman dilingkungan rumah anda, hal itu akan membantu menghadirkan suasana sejuk disekitar rumah anda meskipun hanya memiliki halaman yang sempit.

3. Penggunaan Ventilasi

Perbanyak penggunaan ventilasi pada rumah anda, karena ventilasi berfungsi sebagai pintu utama keluar masuknya udara dari luar ke dalam rumah dan sebaliknya.

4. Pemilihan Warna Cat

Gunakan warna-warna cerah pada interior rumah anda seperti biru, putih, hijau, kuning dan warna lebut lainnya. Hal itu akan membantu kesan adem pada rumah anda.

5. Penataan Ruangan

Sebisa mungkin jika ingin membuat rumah, jangan menghadap ke barat radiasi Matahari pada sore hari akan menyebabkan panas dibandingkan radiasi Matahari pada waktu pagi hari.

Demikialah tips agar rumah anda tetap adem tanpa membeli pendingin ruangan (AC) yang berjuta-juta harganya. Semoga bermanfaat ya!

http://www.panduancara.com

4 Komentar pada “Rumah Tetap Adem Tanpa Pendingin Ruangan (AC), Caranya??”

  1. It is appropriate time to make some plans for the future and
    it is time to be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you few interesting things or tips.
    Perhaps you can write next articles referring to this article.

    I want to read more things about it!

  2. CNC Tool Trolley berkata:

    I have read so many content regarding the blogger lovers however this post is genuinely a nice piece of writing, keep it
    up.

  3. Cheap Tool carts berkata:

    This article is in fact a good one it helps new
    internet users, who are wishing in favor of blogging.

  4. CAT 50 berkata:

    Its like you read my mind! You seem to understand so much about this, like you wrote the e-book in it
    or something. I believe that you simply could do with a few percent to pressure the
    message house a bit, however other than that, that is great blog.
    A great read. I will certainly be back.

Beri Komentar